Belajar Online Menggunakan Google Meet

Berkembangnya Covid 19 memaksa sekolah-sekolah dan termasuk juga kampus merubah pembelajaran dengan tatap muka menjadi pembelajaran jarak jauh (media online). Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar juga membuat kebijakan yang sama, dimana mulai tanggal 17 Maret 2020 sampai dengan 30 Maret 2020 disarankan seluruh dosen melaksanakan pembelajaran online. Salah satu aplikasi yang cukup powerfull saat ini adalah Google Meet. Google Meet merupakan aplikasi yang terintegrasi dengan Google Suite dan digunakan untuk video call / video conference. Dibanding dengan aplikasi sejenis seperti Skype, Google Meet mempunyai keunggulan diantaranya:

  • Dapat diintegrasikan dengan fasilitas google lain seperti google calendar, google drive dan gmail (google mail).
  • Dapat digunakan di semua device seperti PC (dengan kamera dan mic), Laptop, HP dan Tablet.
  • Gratis, tidak perlu mengeluarkan biaya sama sekali karena sudah menjadi satu layanan dengan Google Suite.

Dan berikut tutorial menggunakan Google Meet:

1. Masuk akun email Google Suite, kali ini saya menggunakan salah satu akun G-Suite milik RJI, karena untuk menggunakan/membuat rapat dengan Google Meet WAJIB menggunakan akun g-suite, tidak bisa menggunakan akun google/gmail biasa. Pada gambar di bawah ini, pilih icon di kanan atas lalu pilih icon google meet.

2. Masuk dalam tampilan awal google meet, klik “Mulai Rapat Baru” seperti gambar di bawah ini:

3. Jika berhasil maka Kita akan diarahkan pada tampilan di bawah ini, anda bias memasukkan kode rapat atau nama. Untuk memulai rapat anda sendiri, masukkan nama atau biarkan kosong. Selanjutnya klik “Lanjutkan” untuk melanjutkannya.

4. Selanjutkan Kita akan diarahkan seperti gambar di bawah ini, Kita juga akan otomatis mendapatkan link berbagi untuk mengundang rekan rapat. Silahkan copy dan bagikan link tersebut ke rekan rapat yang akan Kita undang.

5. Selanjutnya untuk memulai, anda klik “Mulai Rapat” maka akan muncul tampilan layar rapat seperti dibawah ini

Patut diingat bahwa anda harus mengaktifkan audio dan vidionya

6. Apabila sudah dibagikan ke rekan rapat, maka akan muncul tampilan undangan rapat di layar rekan rapat seperti gambar di bawah ini. Klik “Gabung Rapat” untuk bergabung ke dalam rapat/video conference yang sudah dibuat. Untuk bergabung rapat, rekan rapat dapat menggunakan email biasa. Jika menggunakan ponsel maka rekan rapat harus menginstal Meet yang tersedia di Play Store

7. Kembali ke sisi layar yang membuat rapat, klik “Terima” untuk memulai rapat. Otomatis rekan rapat tadi sudah terhubung dengan rapat/video conference lewat google meet Kita.

Peserta rapat dapat melakukan presentasi dengan mengklik “Presentasikan Sekarang” dipojok bawah dan selanjutnya memilih bahan presentasinya.

Jika menggunakan full screen maka tampilan pada peserta rapat yang sedang presentasi seperti gambar dibawah ini

Pada layar peserta rapat lain akan tampil seperti dibawah ini

Selamat mencoba.

Mari berdoa agar Covid 19 ini dapat diatasi dan semua kembali seperti semula

Om Namah Siva Ya

One Reply to “Belajar Online Menggunakan Google Meet”

  1. Google meet merupakan salah satu aplikasi yang sangat diperlukan oleh tenaga pendidik saat ini untuk melakukan pembelajaran jarak jauh (online). Selain ini juga ada aplikasi serupa yaitu Metting ZOOM, manakah yang lebih “Baik” dari kedua aplikasi tersebut ?
    jawabannya akan di dapat setelah mencoba menggunakan kedua aplikasi tersebut. “Baik” bisa diartikan dengan yang paling sesuai dengan kebutuhan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *