Akademi Keperawatan KESDAM IX Udayana Gelar Pelatihan Pengelolaan Jurnal Elektronik

Sebagai upaya peningkatan kualitas publikasi terutama jurnal elektronik, Akademi Keperawatan KESDAM IX Udayana melaksanakan pelatihan bagi para pengelola jurnal dikampus setempat. Rabu, 16 Januari 2018. Hadir sebagai narasumber Dr. I Ketut Sudarsana, S.Ag., M.Pd.H. dosen Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar sekaligus juga Koordinator Daerah relawan Jurnal Indonesia Bali.

Dalam paparannya I Ketut Sudarsana menekankan pentingnya pengelolaan jurnal secara elektronik dengan menggunakan salah satu flatform yakni open journal system (OJS) yang dikembangkan oleh PKP. Pengelolaan dan penerbitan jurnal ilmiah berbasis elektronik memungkinkan semua proses pengelolaan, yaitu pengiriman, penyuntingan, penelaahan, dan penerbitan naskah karya ilmiah dilaksanakan secara elektronik dalam suatu sistem aplikasi yang dinamakan jurnalelektronik (e-journal). Dengan sistem tersebut proses pengindeksan dan dampak ilmiah atau sitasi suatu tulisan dapat diketahui dengan cepat, sehingga manfaat dari suatu karya tulis ilmiah dapat diketahui segera.

Lebih lanjut I Ketut Sudarsana menyampaikan bahwa peningkatan kualitas jurnal yang dikelola oleh Akademi Keperawatan KESDAM IX Udayana menjadi sesuatu yang penting dalam rangka mewujudkan perguruan tinggi riset. Hal ini juga penting karena menjadi media diseminasi untuk proses hilirisasi hasil-hasil penelitian sebagaimana diamanatkan oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi. Disamping peningkatan jumlah dan kualitas riset, pengembangan media publikasi ilmiah dimaksudkan agar artikel-artikel yang dihasilkan oleh dosen-dosen Akademi Keperawatan KESDAM IX Udayana tersebut tidak semuanya diajukan ke jurnal di luar saja, tetapi juga didiseminasi di jurnal sendiri. Peningkatan aksesibilitas laman jurnal menjadi sangat penting pada era global saat ini, untuk mendapatkan dampak ilmiah yang signifikan.

Putu Intan Daryaswanti selaku Sekretaris BPPM sangat mengapresiasi kegiatan Pelatihan Pengelolaan Jurnal Elektronik sehingga tidak hanya pengelola jurnal yang paham, namun juga para dosen dilingkungan Akademi Keperawatan KESDAM IX Udayana.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *